Blog

Mau Tasmu Awet? Gini Lho Cara Merawatnya

Guys, sering kehujanan membuat tasmu jadi nggak awet? Tas berbahan kain, termasuk bahan parasut dan kanvas, mudah menjadi kotor, apalagi jika digunakan setiap hari untuk bekerja, bersekolah, atau berolah raga. Tidak ada salahnya merawat tas dengan membersihkannya sesekali agar tas awet dan tetap sedap dipandang. Cara membersihkan tas sebenarnya sederhana, namun perhatikan bahannya dan baca label perawatannya sebelum memulai. Jika tidak ada label perawatan, tes larutan deterjen lembut di bagian tersembunyi pada tas untuk melihat reaksinya. Lanjutkan membersihkan seluruh bagian tas jika tidak muncul reaksi negatif.

Beberapa bahan tas bisa dicuci dengan air. Kosongkan tas dari barang-barang dan kotoran di dalamnya dengan cara membalikkan tas. Tepuk-tepuk ringan untuk merontokkan debu serta kotoran seperti pasir, serpihan kertas, dan daun kering. Cara mencuci tas yang benar diawali dengan cara menghilangkan noda pada tas secara benar berikut ini:

  1. Bersihkan bagian yang terkotor sebelum mencuci seluruh tas. Kotoran seperti lumpur kering atau noda berlebihan perlu diatasi terlebih dulu. Gunakan sikat gigi bekas atau lap yang sudah dicelupkan ke air dingin bercampur deterjen berkualitas untuk menggosok noda hingga memudar. Bilas dengan air bersih dan ulangi lagi hingga noda hilang.
  2. Siapkan bak besar yang diisi air dingin dan tambahkan sedikit deterjen. Pastikan deterjen larut sempurna dalam air agar deterjen bekerja maksimal mengangkat kotoran. Pilih deterjen cair berkualitas yang bisa larut di air dingin sekalipun. Mencuci dengan air dingin merupakan pilihan yang dianjurkan untuk mencuci tas agar warna tas tidak pudar, namun ini tergantung bahan tas. Jadi, ikuti petunjuk di label perawatannya.
  3. Masukkan tas ke dalam bak berisi air berdeterjen hingga seluruh bagian tas terendam. Kocok-kocok tas untuk membantu melepas kotoran. Diamkan beberapa saat agar kotoran yang tersisa luruh. Gunakan sikat gigi untuk mengangkat kotoran yang membandel, tapi ingat untuk menggosoknya secara lembut.
  4. Bilas tas dengan air dingin hingga tidak ada buih deterjen tertinggal, buang air yang terperangkap di dalam tas, dan tiriskan. Hindari memeras tas dengan memelintirnya.
  5. Jemur tas di tali jemuran di tempat teduh namun memiliki sirkulasi udara yang baik. Anda bisa juga menjemur tas di bawah matahari untuk menghilangkan bau tak sedap, namun ingat untuk membalik bagian dalam tas ke luar agar warna tas tidak pudar.
  6. Jika Anda ingin mencuci tas dengan mesin cuci, masukkan tas ke dalam kantung cuci. Cuci tas bersama cucian lain berbahan tangguh, seperti jeans dan handuk, untuk mengurangi benturan tas dengan tabung mesin cuci. Pilih siklus cuci singkat dengan air dingin dan putaran berkecepatan rendah.

Musim hujan kayak sekarang bikin cucian susah kering dan kadang jadi bau, termasuk tas. Jangan lupa semprotkan FIORE SPRAY supaya tasmu yang udah bersih itu jadi harum dan bebas bakteri!

Write a comment