Blog

Kaki Bau Bikin Penyakit?

Masalah kaki basah karena berkeringat di dalam sepatu mungkin sering dialami banyak orang. Namun sebaiknya masalah ini tidak dibiarkan begitu saja. Sebab kaki yang basah di dalam sepatu bisa memicu penyakit. Taukah kamu? selain lembab dan bau, kaki yang berkeringat juga bisa mengakibatkan dermatitis.

Dermatitis atau eksim adalah peradangan hebat yang menyebabkan pembentukan lepuh atau gelembung kecil (vesikel) pada kulit, sehingga bisa hingga pecah dan mengeluarkan cairan. Agar kaki tidak basah karena keringatan, sebaiknya alas kaki diganti saat produksi keringat di kaki banyak.

Sementara itu menurut dr Haidir Suleiman, MM, SpRM dari Departemen Rehabilitasi Medik RS Puri Indah mengimbau agar tidak memakai sepatu dari bahan plastik. Sebab plastik tidak memiliki kemampuan menyerap keringat, sehingga bisa menyebabkan bau dan jamur. Dermatitis atau pomfoliks menyebabkan gatal timbul di telapak tangan dan pinggiran jari-jari tangan, juga bisa ditemukan di telapak kaki. Lepuhan ini seringkali bersisik, berwarna merah dan berair.

Wah, ternyata begitu ya bahaya dari bakteri di kaki yang kotor. Lantas bagaimana mencegahnya? Yang pertama bersihkan kaki. Ini adalah cara menghilangkan bau kaki yang paling wajar. Membersihkan kaki hanya dengan air dan sabun saja belum cukup. Kamu perlu menyingkirkan bakteri dan sel-sel kulit mati dengan menggosok seluruh permukaan kaki dengan handuk atau sikat halus dan sabun anti-bakteri. Jangan lupa gosok juga sela-sela jari kaki Kamu. Selanjutnya keringkan kaki. Ketika mengeringkan kaki setelah mandi, keringkanlah dengan saksama. Kelembapan akibat air yang tersisa menciptakan lahan yang produktif bagi pertumbuhan bakteri. Keringkanlah sampai benar-benar kering, terutama di bagian sela-sela jari kaki.

Penyebab timbul bakteri lainnya adalah lembabnya kaki ketika memakai alas kaki. Solusinya adalah FIORE SPRAY. Formula FIORE SPRAY ampuh membunuh bakteri penyebab bau sepatu. Fiore datang, bau hilang.

Write a comment